Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Berbasis Cooperative Learning Approah (CLA)

Yelia, Yelia (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Berbasis Cooperative Learning Approah (CLA). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_YELIA_51807_129_2016.pdf] Text
B1_9_YELIA_51807_129_2016.pdf

Download (350kB)

Abstract

Model pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris yang
digunakan guru masih bersifat konvensional dan belum optimal meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
sebuah model pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris sekolah
menengah pertama berbasis Cooperative Learning Approach (CLA) yang efektif,
valid, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan
model ADDIE. Model yang sudah dikembangkan diimplementasikan pada SMP
Negeri 1 Muaro Jambi, Provinsi Jambi untuk menentukan efektifitas, validitas,
dan praktikalitasnya. Implementasi dilaksanakan dalam rancangan penelitian
eksperimen semu dengan jenis non-equivalent control group design. Hasil
penelitian ini adalah model Discuss-Pair-Describe Picture (DPDP Model) yang
terdiri dari tiga fase utama yaitu fase diskusi kelas, fase kerja berpasangan, dan
fase mendeskripsikan dengan gambar sebagai media pembelajaran. Model
Discuss-Pair-Describe Picture (DPDP Model) disajikan dalam bentuk buku
model DPDP, buku panduan guru, dan buku panduan siswa.. DPDP Model
dianggap efektif, valid, dan praktis setelah dinilai oleh validator guru yang ahli
dan berpengalaman di bidang pendidikan bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:10
Last Modified: 10 Jun 2025 08:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item
View Item