Efektifitas Penggunaan Media Fondant untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menulis Permulaan Siswa Cerebral Palsy Sedang: Single Subject Research di Kelas V SLB Amal Bhakti Sicincin

Andika, Cici Febria (2016) Efektifitas Penggunaan Media Fondant untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menulis Permulaan Siswa Cerebral Palsy Sedang: Single Subject Research di Kelas V SLB Amal Bhakti Sicincin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_CICI_FEBRIA_ANDIKA_1105333_1332_2016.pdf] Text
B1_2_CICI_FEBRIA_ANDIKA_1105333_1332_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan permasalahan yang ditemukan di SLB Amal
Bhakti Sicincin, seorang anak cerebral palsy yang mengalami masalah dalam
motorik halusnya yaitu dalam memegang alat tulis. Hal ini terlihat pada saat
peneliti melakukan pengamatan terhadap anak dan didapatkan hasil bahwa anak
mengalami kemampuan motorik halus yang rendah dalam memegang alat tulis.
Anak belum mampu memegang alat tulis sesuai dengan kriteria memegang alat
tulis yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah
media fondant efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan
memegang alat tulis bagi anak cerebral palsy sedang kelas V di SLB Amal Bhakti
Sicincin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR), dengan menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis
datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak
cerebral palsy sedang. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan
memegang alat tulis sesuai degan cara memegang alat tulis dengan baik dan
benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir
instrumen yang dapat dilakukan dengan baik dan benar.
Pengamatan dilakukan dalam tiga sesi yaitu pertama, sesi baseline (A)
yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, hasil persentase pada kondisi ini
terletak pada rentang 0% sampai 30%. Kedua, sesi intervensi melalui media
fondant (B) dilakukan sebanyak duabelas kali, persentase kemampuan memegang
alat tulis anak pada kondisi ini terletak pada rentang 40% sampai 80%. Dan pada
sesi terakhir disebut juga dengan baseline (A2) kondisi awal setelah perlakuan
dihentikan. Pada kondisi ini, persentase kemampuan memegang alat tulis anak
terletak pada rentang 40% sampai 70%. kecenderungan arah, kecenderungan
stabilitas, kecenderungan jejak data, dan perubahan level meningkat secara positif,
serta persentase overlap (data yang tumpang tindih) pada analisis antar kondisi
adalah 25% dan 17%. Semakin kecil persentase overlap, semakin kuat pengaruh
intervensi terhadap perubahan perlakuan. Sehingga, dapat diambil kesimpulan
bahwa media fondant efektif untuk meningkatkan motorik halus bagi anak
cerebral palsy sedang. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat
menggunakan media fondant untuk meningkatkan cara memegang alat tulis bagi
anak cerebral palsy sedang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Fondant
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:09
Last Modified: 10 Jun 2025 08:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item
View Item