Meningkatkan Keseimbangan Melalui Bermain Egrang pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas D2C1 di SLB Alisa Lumin Padang: Single Subject Research

Yuzelsti, Annisa (2016) Meningkatkan Keseimbangan Melalui Bermain Egrang pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas D2C1 di SLB Alisa Lumin Padang: Single Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANNISA_YUZELSTI_1105322_4363_2016.pdf] Text
B1_2_ANNISA_YUZELSTI_1105322_4363_2016.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
lapangan, yaitu seorang anak tunagrahita sedang kelas II yang mengalami hambatan
dalam keseimbangan dalam berjalan (kesulitan dalam berjalan diatas papan titian,
kesulitan berjalan pada garis lurus). Dari hasil asesmen, anak mengalami hambatan
ketika berjalan pada garis urus, tampak anak sulit dalam mengendalikan
keseimbangan tubuhnya. Sehingga anak sering miring kekiri dan kekanan, anak
mampu berjalan hanya beberapa langkah dan kemudian terjatuh. Maka dari itu
peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan berjalan
kedepan anak dengan bermain egrang. Egrang yang digunakan disini adalah egrang
yang terbuat dari batok kelapa.
Jenis penelitian ini adalah Single Subjeck Research dengan disain A-B.
Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitiannya
adalah anak tunagrahita sedang kelas II. Pengukuran variabelnya menggunakan
persentase.
Pengamatan dilakukan sebanyak 19 Kali pengamatan, yaitu enam kali pada
kondisi (A), dan tigabelas kali pada kondisi (B). Pada kondisi (A) data yang diperoleh
adalah 0%, 22%, 19%, 33%, 33%, 33%. Berdasarkan data tersebut anak dapat
dikatakan masih mengalami hambatan dalam keseimbangan dalam berjalan.
Sedangkan pada kondisi intervensi (B) data yang diperoleh adalah (37%), (37%),
(44,4%), (50%), (59,25%), (62,96%), (70,34%),(74,1%), (88,89%), (88,89%),
(92,6%), (92,6%), (92,6%) dengan demikian kemampuan anak dalam keseimbangan
berjalan dengan bermain egrang menunjukan peningkatan ke arah positif.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bermain egrang
dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan berjalan bagi anak tunagrahita
sedang DII/C1 di SLB Alisa Lumin Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BERMAIN AGRANG PADA ANAK TUNA NETRA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:09
Last Modified: 10 Jun 2025 08:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13517

Actions (login required)

View Item
View Item