Dampak Karakter Emosional dan Spiritual dan Pembelajaran Inovatif terhadap Kinerja Guru Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Sumatera Barat

Syahril D., Syahril D. (2013) Dampak Karakter Emosional dan Spiritual dan Pembelajaran Inovatif terhadap Kinerja Guru Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Sumatera Barat. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_SYAHRIL_D_51799_766_2013.pdf] Text
B1_9_SYAHRIL_D_51799_766_2013.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kinerja guru Balai Latihan Pendidikan
Teknik (BLPT) Sumatera Barat tidak seperti yang diharapkan dalam hal
pelaksanaan karakter emosional dan spiritual dan pembelajaran inovatif dalam
pengajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan : (1) dampak
karakter emosional dan spiritual terhadap kinerja guru, (2) dampak pembelajaran
inovatif terhadap kinerja guru, (3) dampak karakter emosional dan spiritual dan
pembelajaran inovatif terhadap kinerja guru secara bersama-sama.
Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional
digunakan dalam penelitian ini. Populasi adalah sebanyak 73 orang guru BLPT
dan 61 orang dipilih dengan random sebagai sampel. Data kuantitatif
dikumpulkan melalui angket. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik korelasi
dan regresi.
Berdasarkan analisis data, temuan dalam penelitian ini adalah (3) secara
bersama-sama, dampak karakter emosional dan spiritual dan pembelajaran
inovatif sangat signifikan terhadap kinerja guru, (2) dampak pembelajaran inovatif
sangat signifikan terhadap kinerja guru, (1) dampak karakter emosional dan
spiritual signifikan terhadap kinerja guru. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa
harus diberikan perhatian lebih pada program pelatihan karakter emosional dan
spiritual dan pelaksanaan strategi pembelajaran inovatif dalam rangka
meningkatkan kinerja guru. Studi ini menyarankan untuk penelitian lebih lanjut
dilakukan penelitian serupa pada Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT)
lainnya untuk mengetahui dampak karakter emosional dan spiritual dan strategi
pembelajaran inovatif terhadap kinerja guru dalam pengajarannya

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Emosional Pembelajaran Inovatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:08
Last Modified: 10 Jun 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item
View Item