Sari, Indah (2021) Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INDAH_SARI_17046065_2507_2021.pdf [thumbnail of B1_2_INDAH_SARI_17046065_2507_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_INDAH_SARI_17046065_2507_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya perbedaan yang signifikan
Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah
Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021).
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021. Teknik
pengambilan sampel digunakan adalah Proportionate Random Sampling
(Sampel Acak Proposional). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan uji chi-square pada taraf
nyata 0,05 dan Asmpy sig. < 0,05 yaitu 0,26. Uji chi-square dilakukam karena
data tidak memenuhi uji persyataran analisis.
Temuan Penelitian ini bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi
profesional guru berlatar pendidikan sejarah memiliki rata-rata 127,22 dan
persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bukan berlatar pendidikan
sejarah 86,54. Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa nilai signifikan (2.tailed) <
0,05 yaitu 0,26 maka berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji chi-square
dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ( nyata) antara persepsi
siswa terhadap kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah Indonesia
kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:05 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13498 |