Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Indah (2021) Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_INDAH_SARI_17046065_2507_2021.pdf] Text
B1_2_INDAH_SARI_17046065_2507_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya perbedaan yang signifikan
Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah
Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021).
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021. Teknik
pengambilan sampel digunakan adalah Proportionate Random Sampling
(Sampel Acak Proposional). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan uji chi-square pada taraf
nyata 0,05 dan Asmpy sig. < 0,05 yaitu 0,26. Uji chi-square dilakukam karena
data tidak memenuhi uji persyataran analisis.
Temuan Penelitian ini bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi
profesional guru berlatar pendidikan sejarah memiliki rata-rata 127,22 dan
persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bukan berlatar pendidikan
sejarah 86,54. Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa nilai signifikan (2.tailed) <
0,05 yaitu 0,26 maka berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji chi-square
dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ( nyata) antara persepsi
siswa terhadap kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah Indonesia
kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:05
Last Modified: 10 Jun 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13498

Actions (login required)

View Item
View Item