Persepsi Mahasiswa Penyandang Disabilitas tentang Sistem Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusif: Deskriptif Kualitatif pada Penyandang Disabilitas di Universitas Negeri Padang

Triutari, Indah (2014) Persepsi Mahasiswa Penyandang Disabilitas tentang Sistem Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusif: Deskriptif Kualitatif pada Penyandang Disabilitas di Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_INDAH_TRIUTARI_15587_5822_2014.pdf] Text
B1_2_INDAH_TRIUTARI_15587_5822_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan termasuk penyandang
disabilitas. Diawal pendidikan untuk penyandang disabilitas muncul sekolah-sekolah
khusus sesuai dengan klasifikasi kecatatannya yang disebut dengan sekolah terpisah
atau sekolah segregasi. Seiring berjalannya waktu dan melihat perkembangan
penyandang disabilitas semakin pesat maka pendidikan penyandang disabilitas
semakin maju. Penyandang disabiltas mendapatkan hak yang sama bersekolah di
sekolah regular yang disebut pendidikan inklusif. Dari system pendidikan di atas,
penyandang disabilitas menjalani dua pendidikan tersebut. Dari sini peneliti ingin
mengetahui bagaimana persepsi penyadang disabilitas tentang kedua sitem
pendidikan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan
untuk mendeskripsikan persepsi penyandang disabilitas tentang pendidikan segregasi
dan pendidikan inklusif. Sampel penelitian sebanyak 9 orang penyandang disabilitas.
Alat pengumpul data adalah angket.
Dari hasil penelitian diketahui pengaplikasian visi dan misi pendidikan
segregasi tergolong baik dengan persentase 79.7%,pengaplikasian pada fasilitas dan
sarana pendidikan segregasi tergolong sangat baik dengan persentase 93.8%. tujuan
pendidikan segregasi tergolong baik aplikasinya dengan persentase 75% dan
penyelenggaraan pendidikan segregasi tergolong sangat baik aplikasinya dengan
persentase 91.7%. sedangkan untuk visi dan misi pendidikan inklisif tergolong baik
aplikasinya dengan persentase 61.1%. fasilitas dan srana pendidikan inklusif
tergolong cukup baik aplikasinya dengan persentase 49.3%, tujuan pendidikan
tegolong baik aplikasinya dengan persentase 78.6% dan penyelenggaraan pendidikan
inklusif dengan persentase 42.3% tergolong cukup baik aplikasinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:01
Last Modified: 10 Jun 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item
View Item