Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi di Kelompok Bermain Permata Bunda Kapuah Pagaruyung

Gusti, Monila (2014) Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi di Kelompok Bermain Permata Bunda Kapuah Pagaruyung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MONILA_GUSTI_58775_408_2014.pdf] Text
B1_4_MONILA_GUSTI_58775_408_2014.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya perkembangan
Emosional anak dalam mengendalikan perasaan marah, mengendalikan perasaan
takut, mengendalikan perasaan senang dan mengendalikan perasaan sedih di KB
Permata Bunda Kapuah Pagaruyung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengembangan kecerdasan Emosional Anak Usia Dini melalui metode
bernyanyi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas.Subyek dalam penelitian
ini adalah anak didik Kelompok Bermain Permata Bunda Kapuah Pagaruyung.
Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta teknik analisis
data yang digunakan adalah persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat
meningkatkan pengembangan kecerdasan emosional anak dalam hal mengendalikan
perasaan marah, mengendalikan perasaan takut, mengendalikan perasaan
senang dan mengendalikan perasaan sedih dengan hasil yang sangat baik. Saran
yang diberikan diharapkan kepada guru dapat menggunakan metode bernyanyi
dalam rangka mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Dan kepada
orang tua agar mengetahui bahwa kecerdasan emosional anak juga penting untuk
distimulasi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:01
Last Modified: 10 Jun 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13491

Actions (login required)

View Item
View Item