Hubungan Antara Pemahaman Orang Tua tentang PAUD dengan Partisipasinya Memasukkan Anaknya ke Lembaga PAUD di Jorong Limo Badak Kecamatan Malalak Kabupaten Agam

Wulandari, Mona (2014) Hubungan Antara Pemahaman Orang Tua tentang PAUD dengan Partisipasinya Memasukkan Anaknya ke Lembaga PAUD di Jorong Limo Badak Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MONA_WULANDARI_11785_3486_2014.pdf] Text
B1_4_MONA_WULANDARI_11785_3486_2014.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya keberlangsungan pendidikan di lembaga PAUD dan masih minimnya pola pikir orang tua terhadap kepedulian orang tua untuk mengetahui perkembangan yang seharusnya dimiliki anak mereka. Ini ditandai dengan rendahnya pemahaman orang tua tentang PAUD dan partisipasi orang tua memasukkan anaknya ke lembaga PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara pemahaman orang tua tentang PAUD dengna partisipasinya memasukkan anak ke lembaga PAUD. Penelitian ini dalam bentuk korelasional, yaitu untuk melihat hubungan antara antara pemahaman orang tua tentang PAUD dengna partisipasinya memasukkan anak ke lembaga PAUD. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia dini pada 4-6 tahun, dan yang menjadi sampel adalah 65% dari populasi yang berjumlah 21 orang. Intrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dan Rank Order Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) masih rendahnya Pemahaman orang tua tentang PAUD,(2) masih rendahnya Partisipasi orangtua memasukkan anaknya ke lembaga PAUD,(3) pendidikan anak usia dini mempunyai hubungan antara pemahaman orang tua dengan partisipasi orang tua tentang PAUD. Sejalan dengan temuan peneliti menyarankan agar (1) Orang tua pada anak usia dini agar lebih meningkatkan pemahaman terhadap pendidikan anak usia dini. Agar anak dapat mendapatkan pendidikan yang baik sejak usia dini,(2) Kepada orang tua pada anak usia dini diharapkan lebih meningkatkan partisipasi dalam memperhatikan pendidikan anak usia dini, agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik di lembaga pendidikan anak usia dini,(3) karna terdapatya hubungan yang signifikan antara pemahaman dan partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini maka orang tua hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan terhadap anak usia dini,(4) Kepada lembaga PAUD hendaknya mengadakan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan anak usia dini kepada orangtua anak usia dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:54
Last Modified: 10 Jun 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13485

Actions (login required)

View Item
View Item