Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Tunagrahita Ringan Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Flip Chart: Single Subject Research di SD Negeri 34 Air Pacah Padang

Yulianda, Chori (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Tunagrahita Ringan Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Flip Chart: Single Subject Research di SD Negeri 34 Air Pacah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_CHORI YULIANDA_01111_2012.pdf] Text
B1_2_CHORI YULIANDA_01111_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
di lapangan yaitu pada seorang siswa tunagrahita ringan kelas II SD Negeri 34 Air
Pacah Padang. Siswa ini telah berumur 15 tahun namun pertumbuhan fisiknya
tidak seperti anak usia 15 tahun melainkan seperti anak berusia 8 tahun. Anak ini
mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan yang mana ia tidak
paham dengan lambang bilangan baik dari segi berhitung, membaca lambang
bilangan, menuliskan dan mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah benda.
Jika ditanya maka anak menjawab dengan jawaban yang keliru. Untuk itu dari
kemampuan siswa tunagrahita kelas II SD Negeri 34 Air Pacah Padang tersebut
peneliti ingin meningkatkan lagi kemampuan mengenal lambang bilangan dengan
menggunakan media Flip Chart. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk
Single Subject Research (penelitian subjek tunggal), dengan desain A-B dan
teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafis. Subjek penelitian ini
adalah siswa tunagrahita ringan. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan
mengukur persentase kemampuan siswa dalam mengenal lambang bilangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan mengenal
lambang bilangan siswa tunagrahita tingan dapat meningkat dengan menggunakan
media Flip Chart. Pada kondisi baseline yang dilkukan selama enam kali
pertemuan, siswa hanya mampu mendapatkan skor 16,25% pada pertemuan
pertama, 17,5% pada pertemuan kedua, kemudian pada pertemuan ketiga sampai
pertemuan keenam mendapatkan skor 25%, grafik terus meningkat dan
menunjukkan kestabilan. Pada kondisi intervensi kemampuan siswa dalam
mengenl lambang bilangan meningkat dari pertemuan ketujuh sampai pertemuan
ke enam belas dengan skor tertinggi 91,25%.
Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan dapat diterima. Artinya
penggunaan media Flip Chart dapat meningkatkan keterampilan mengenal
lambang bilangan bagi anak tunagrahita ringan kelas II di SD Negeri 34 Air Pacah
Padang. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Matematika agar
dapat menggunakan media Flip Chart bagi anak tunagrahita ringan dalam
mengajarkan mengenal lambang bilangan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengenal Lambang Bilangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:51
Last Modified: 11 Jun 2025 01:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item
View Item