Simbolon, Saifuddin L. (2014) Implementasi Kurikulum Ditinjau dari Tenaga Kependidikan: Studi Kasus pada SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_SAIFUDDIN_L_SIMBOLON_93239_1292_2015.pdf [thumbnail of B1_9_SAIFUDDIN_L_SIMBOLON_93239_1292_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_SAIFUDDIN_L_SIMBOLON_93239_1292_2015.pdf
Download (344kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) penerapan kurikulum
ditinjau dari tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan; 2)
peranaga kependidikan dalam mengimplementasikan kurikulum di SMA Negeri 2
Padangsidimpuan ; 3) faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan
kurikulum; 4 untuk menemukan solusi terhadap faktor terhadap faktor
penghambat.
Metode yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif
adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis,
faktual dan akurat mengenai fakta dan menggambarkan fenomena secara rinci.
Temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 2
Padangsidimpuan belum optimal karena kurangnnya penguasaan kompetensi
guru; 1) guru-guru belum mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang
kontekstual secara mandiri, 2) peranan tenaga kependidikan dalam
mengimplementasikan kurikulum, 3) faktor pendukung implementasi kurikulum
ditinjau dari tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dapat
dilihat dari kualitas prestasi yang diraih dalam mengikuti berbagai kegiatan
perlombaan, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai juga kondisi
geografis. Penghambat-penghambat yang ditemukan dalam mengimplementasikan
kurikulum ditinjau dari tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan
dalam pembelajaran adalah antara lain : kurangnya penguasaan kompetensi
pedagogik guru, rendahnya kompetensi kepribadian guru, kurangnya penguasaan
kompetensi profesional guru, kurangnya kompetensi sosial guru, dan keterbatasan
sarana dan prasarana pembelajaran., dan 4) solusi atas faktor-faktor penghambat
implementasi kurikulum : melakukan pembelajaran bermakna, mengubah konsep
awal paradigma kurikulum, mengubah paradigma dari pengajaran yang berbasis
sistetik-materialistik menjadi religius, memberikan motivasi kepada siswa yang
berprestasi agar mampu mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 05:16 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13473 |