Pelaksanaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar

Mona, Mona (2013) Pelaksanaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MONA_05750_5985_2013.pdf] Text
B1_4_MONA_05750_5985_2013.pdf

Download (717kB)

Abstract

Metode diskusi yang digunakan guru dalam proses pembelajran di sekolah dapat
mempermudah guru dan siswa dalam penyampaian dan penerimaan materi pelajaran.
Kenyataan yang ditemukan dilapangan, pelaksanaaan metode diskusi di dalam kelas tidak
berjalan lancar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu
gambaran tentang pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran Sosiologi serta
mengetahui faktor penyebab tidak jalanya medode diskusi di sekolah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe evaluatif.
Untuk pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan informan
guru sosiologi dan siswa –siswi SMA N 1 Batusangkar. Pengumpulan data dilakukan
melalui studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data,
peneliti melakukan triangulasi data. Analais data penelitian dilakukan dengan
menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menujukan bahwa pelaksanaan metode diskusi dalam
pembelajaran Sosiologi sudah mulai berjalan lancar, tetapi ada beberapa poin yang
kurang berjalan. Pada tahap persiapan poin yang kurang berjalan terdapat pada
pembagian waktu diskusi, pada tahap pelaksaan terdapat pada poin merangsang seluruh
perserta untuk ikut berparti- sipasi. Sedangkan pada tahap tindak lanjut terdapat pada
poin membuat penilaian terhadap pelaksanaan diskusi untuk dijadikan bahan
pertimbangan dan perbaikan pada diskusi yang akan datang. Hal ini disebabkan karena
guru dan siswa tidak memahami metode diskusi secara tepat, keterbatasan fasilitas, dan
adanya kelompok dominan di dalam kelas.
Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya hendaknya
bisa mengkaji pemahaman terhadap metode diskusi yang dipakai dalam pembelajaran
dan persiapan yang matang terhadap materi pelajaran yang akan disampaikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:14
Last Modified: 10 Jun 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item
View Item