Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Terhadap Hasil Belajar Praktek Kerja Kayu Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Abdullah, Rijal (2012) Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Terhadap Hasil Belajar Praktek Kerja Kayu Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_RIJAL_ABDULLAH_11074_137_2013.pdf] Text
B1_9_RIJAL_ABDULLAH_11074_137_2013.pdf

Download (437kB)

Abstract

Praktek Kerja Kayu, pada Program Studi D3 Teknik Sipil FT UNP,
ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi kerja dalam
bidang kerja kayu dan agar mahasiswa dapat pula mengembangkan
dirinya setelah menyelesaikan pendidikannya nanti.
Berdasarkan survei awal terungkap bahwa dalam 3 tahun terakhir
hanya terjadi sedikit peningkatan nilai mahasiswa dan rata-rata
mahasiswa hanya memperoleh nilai B, mahasiswa tidak dapat
menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang tersedia, rendah
penguasaan kompetensi bidang studi dan kecakapan hidup. Strategi
pembelajaran saat ini tidak memberikan peningkatan penguasaan
kompetensi kerja dan kecakapan hidup secara memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dampak penerapan
Pembelajaran Berbasis Kerja dalam Praktek Kerja Kayu terhadap
peningkatan hasil belajar dan kecakapan hidup Mahasiswa Program
Studi D3 Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas
Negeri Padang. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penerapan
pembelajaran berbasis kerja dalam Praktek Kerja Kayu dapat: 1)
meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan, 2) meningkatkan kecakapan
hidup mahasiswa.
Desain penelitian adalah quasi eksperimental berupa Nonequivalent
Control Group Design yang dilaksanakan pada Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Populasi adalah Mahasiswa
Program Studi D3 Teknik Sipil, yang sedang mengambil Praktek Kerja
Kayu dengan jumlah total 64 orang, yang terbagi dalam empat kelas.
Sampel diambil secara cluster random sampling.
Data hasil belajar berupa nilai proses dan hasil kerja dikumpulkan
dengan portofolio, data kecakapan hidup digunakan lembaran panduan
observasi. Semua data statistik diolah dengan Program SPSS versi 17.
Temuan penelitian adalah: Penerapan pembelajaran berbasis kerja
dalam Praktek Kerja Kayu ternyata dapat: 1) meningkatkan hasil belajar
mahasiswa secara sangat signifikan, dan 2) meningkatkan penguasaan
kecakapan hidup mahasiswa secara signifikan. Berdasarkan temuan
tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kerja
mempunyai dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar dan
kecakapan hidup mahasiswa.
Implikasi temuan, bahwa pembelajaran berbasis kerja dalam
Praktek Kerja Kayu pada Program Studi D3 Teknik Sipil FT UNP harus
terus ditumbuhkembangkan. Disarankan agar pihak terkait, mendorong
sosialisasi dan memfasilitasi penerapan pembelajaran berbasis kerja
dalam rangka peningkatan hasil belajar dan kecakapan hidup mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:13
Last Modified: 10 Jun 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

View Item
View Item