Pengembangan Model Keprofesian Guru Berkelanjutan Berbasis MGMP

Radius, Radius (2016) Pengembangan Model Keprofesian Guru Berkelanjutan Berbasis MGMP. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_RADIUS_19459_2978_2016.pdf] Text
B1_9_RADIUS_19459_2978_2016.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil uji kompetensi guru tahun 2012
ditemukan bahwa kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional guru IPA
SMP di Kota Padang terindikasi masih rendah. Sehingga diperlukan pembinaan
lebih lanjut untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional
guru melalui MGMP yang bertujuan untuk memperbaiki kompetensi pedagogi
dan kompetensi profesional. Metode Penelitian ini menggunakan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model dalam
penelitian ini dikembangkan dan telah diujicobakan terhadap 24 orang guru di
MGMP yang dipilih secara purposive sampling dari 47 orang guru sebagai
populasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan SPSS.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan model PKGB
berbasis MGMP dinyatakan valid, praktis, dan efektif, dan bahwa hal itu dapat
digunakan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Kesimpulan dari
penelitian ini sesuai dengan kebijakan pendidikan tentang PKGB di Indonesia

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Keprofesian Guru Guru Berkelanjutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:13
Last Modified: 10 Jun 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

View Item
View Item