Persepsi Mahasiswa PPLK Sejarah terhadap Implementasi Proses Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013: Studi Kasus Mahasiswa PPLK Sejarah Januari-Juni 2015 di SMAN Kota Padang

Venoliza, Indhika (2015) Persepsi Mahasiswa PPLK Sejarah terhadap Implementasi Proses Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013: Studi Kasus Mahasiswa PPLK Sejarah Januari-Juni 2015 di SMAN Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_INDHIKA_VENOLIZA_97109_4757_2015.pdf] Text
B1_2_INDHIKA_VENOLIZA_97109_4757_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) termasuk
kedalam kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB) yang merupakan
salah satu pengalaman yang harus diikuti oleh setiap pribadi mahasiswa
PPLK calon guru yang dilaksanakan selama satu semester.Sebelum
mahasiswa PPLK sejarah mengikuti Pratek Lapangan Kependidikan,
mereka telah memiliki bekal dan mengikuti Matakuliah Keahlian Berkarya
(MKB) secara tatap muka sesuai kuikulum KTSP.Contoh mata kuliah
berupa: matakuliah Kurikulum Buku Teks, Perencanaan Pengajaran
Sejarah dan Strategi Belajar Mengajar. Pada saat mahasiswa PPLK
mengikuti matakuliah Kurikulum Buku Teks, Perencanaan Pengajaran
Sejarah dan Strategi Belajar Mengajar proses perkuliahannya sesuai
kurikulum KTSP, hanya saja mahasiswa PPLK sejarah mengikuti Micro
Teaching proses perkuliahan sesuai Kurikulum 2013.Dalam proses
perkuliahan Micro Teaching berlangsung didalam kelas mahasiswa PPLK
sejarah dibantu oleh teman sekelasnya, sedangkan di lapangan mahasiswa
PPLK sejarah berhadapan dengan siswa serta melaksanakan tanggung
jawabnya sebagai seorang guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran
sejarah.Sehubungan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui persepsi mahasiswa PPLK sejarah terhadap
implementasi proses pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari
mahasiswa PPLK sejarah januari-juni 2015 melalui teknik wawancara.
Kemudian data terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif, yang
terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersemaan, yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PPLK sejarah
melakukan kegiatan inti dengan baik dan ada juga tidak baik. Hal tersebut
terlihat dari pandangan mahasiswa PPLK sejarah terhadap komponen
masing-masing kegiatan inti.Dari lima kegiatan inti, satu memiliki
pandangan yang baik sedangkan empat kegiatan inti memiliki persepsi
baik dan tidak baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
persepsi mahasiswa PPLK sejarah januari-juni 2015 memiliki persepsi
yang baik dan ada juga yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:59
Last Modified: 10 Jun 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item
View Item