Kompetensi Sosial Guru Sosiologi di SMA Negeri Kabupaten Pasaman Barat

Elpita, Mismori (2012) Kompetensi Sosial Guru Sosiologi di SMA Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MISMORI_ELPITA_79569_1079_2013.pdf] Text
B1_4_MISMORI_ELPITA_79569_1079_2013.pdf

Download (16MB)

Abstract

Guru professional dewasa ini dituntut untuk memiliki serangkaian
kompetensi yaitu Padagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Kompetensi
social amat di perlukan karena menyangkut keberhasilan dalam menjalankan
tugas, baik berkomunikasi dengan siswa maupun dengan guru dan pimpinan.
Sekolah, fenomena lapangan menggambarkan masih terbatasnya kompetensi
sosial guru sosiologi professional di SMA Negeri Kabupaten Pasaman Barat.
Dengan demikian yang menjadi fokus dalam ini adalah mengenai kompetensi
guru sosiologi SMAN Kabupaten Pasaman Barat, yang menjadi pertanyaan dalam
penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru sosiologi di SMAN
Kabupaten Pasaman Barat?
Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori aksi yang
dikemukakan Talcot Parson, karena setiap tindakan didasarkan pada norma dan
nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakatnya.
Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif karena
berusaha memahami persoalan itu secara lebih dekat dan dalam. Langkahnya
dimulai pengumpulan data, reduksi data, display data, dan di akhiri dengan
kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.
Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling,
informan berjumlah 13 orang. Alasan mengunakan penelitian dengan metode
kualitatif ini untuk memberikan keluasan dan kesempatan bagi peneliti untuk bisa
menggali informasi secara lebih mendalam. Untuk mendapatkan data yang valid
dilakukan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model Mills dan
Huberman yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari temuan dilapangan tampak bahwa kompetensi sosial guru sosiologi
yang lebih bagus hanya ditampilkan saat berhubungan dengan rekan-rekan sesama
guru di sekolah, akan tetapi kompetensi sosial terhadap peserta didik, kepala
sekolah dan pegawai tata usuha hanya terbatas pada bentuk hubungan formalitas
administrasi terbatas dan jarang terjadi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:10
Last Modified: 10 Jun 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item
View Item