Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Belajar dengan Mengggunakan Modul Berbahasa Inggris dan Buku Bilingual Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI di R-SMA BI 3 Padang

Hardinata, Aristo (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Belajar dengan Mengggunakan Modul Berbahasa Inggris dan Buku Bilingual Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI di R-SMA BI 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MIRNA_SEPTRIA_WULANDARI_05745_1838_2013.pdf] Text
B1_4_MIRNA_SEPTRIA_WULANDARI_05745_1838_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu alternatif media yang dapat digunakan dalam pembelajaran di
RSBI adalah modul berbahasa Inggris. Modul yang digunakan mengacu pada
pembelajaran konstruktivisme yang mengutamakan keaktifan siswa dalam
membangun pengetahuan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan modul dan
buku billingual materi Laju Reaksi di Kelas XI RSMA BI 3 Padang. Jenis
penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized
Control Group Only Design. Populasi adalah siswa kelas XI yang terdaftar pada
semester I tahun ajaran 2012/2013 sebanyak tujuh kelas. Sampel diambil dua
kelas secara acak dari tujuh kelas yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil
penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan modul laju reaksi berbahasa
Inggris memiliki rata-rata nilai (89,06) yang lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa yang belajar menggunakan buku bilingual (70,00). Berdasarkan uji
hipotesis dengan uji satu pihak atau uji t’, didapatkan bahwa hasil belajar siswa
yang menggunakan modul Laju Reaksi berbahasa Inggris lebih tinggi secara
signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan buku bilingual di kelas
XI R-SMA BI 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:01
Last Modified: 10 Jun 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item
View Item