Tanggapan Warga Belajar Terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran Tata Busana di Lembaga Kursus dan Pelatihan Tata Busana Anggrek Kota Padang.

Handriani, Mirna (2012) Tanggapan Warga Belajar Terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran Tata Busana di Lembaga Kursus dan Pelatihan Tata Busana Anggrek Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MIRNA_HANDRIANI_01261_5043_2012.pdf] Text
B1_4_MIRNA_HANDRIANI_01261_5043_2012.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan yang telah dicapai oleh
Lembaga Kursus dan Pelatihan Tata Busana Anggrek dalam pengelolaan program
kegiatannya, terutama dalam pembelajaran tata busana, hal itu dibuktikan dari
warga belajar selalu mengikuti berbagai ajang perlombaan dan berhasil mengukir
prestasi yang gemilang. Selain itu keberhasilan warga belajar di Lembaga Kursus
dan Pelatihan Tata Busana Anggrek telah mampu membuka usaha wiraswasta
sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tanggapan
warga belajar terhadap pelaksanaan proses pembelajaran tata busana di Lembaga
Kursus dan Pelatihan Tata Busana Anggrek yang meliputi komponen tentang (1)
Pendekatan Pembelajaran, (2) Metode Pembelajaran, (3) Media Pembelajaran, (4)
dan Materi Pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 30
orang. Pengambilan sampel dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel
sebanyak 30 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket model
skala likert. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif yang
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hampir seluruh warga belajar
menyatakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh instruktur di Lembaga
Kursus dan Pelatihan Tata Busana Anggrek sudah baik (2) hampir seluruhwarga
belajar menyatakan metode pembelajaran yang digunakan oleh instruktur sudah
baik. (3) seluruh warga belajar menyatakan media pembelajaran yang digunakan
oleh instruktur sudah baik.(4) hampir seluruh warga belajar menyatakan materi
pembelajaran yang disampaikan oleh instruktur sudah baik. Untuk itu penulis
menyarankan kepada pengelola dan instruktur agar dapat mempertahankan dan
mengembangkan sistem pembelajaran yang dilaksanakan, agar dapat menjadi
contoh oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan lainnya. Bagi peneliti lain, disarankan
meneliti komponen-komponen pembelajaran yang lain dari komponen yang telah
penulis teliti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:01
Last Modified: 10 Jun 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item
View Item