Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 09 Koto Luar

Sopiani, Indri Ali (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 09 Koto Luar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Indri_Ali_Sopiani_17003090_624_2022.pdf] Text
B1_2_Indri_Ali_Sopiani_17003090_624_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu komponen pembelajaran bahasa yang harus dimiliki siswa
adalah kemampuan membaca. Bagi siswa disleksia (kesulitan belajar membaca),
hal tersebut merupakan momok yang menakutkan. Masalah ini ditemukan di SDN
09 Koto Luar. Dimana siswa memiliki kemampuan membaca yang rendah
berdasarkan hasil studi pendahuluan dan asesmen membaca. Tujuan dari
penelitian ini yaitu melihat seberapa besar pengaruh media video pembelajaran
pada kemampuan membaca permulaan seorang siswa disleksia kelas 3 di SDN 09
Koto Luar. Penelitian ini berfokus pada pengukuran perilaku dibidang akademik
yakni kemampuan membaca permulaan lebih tepatnya kemampuan membaca kata
yang terdapat huruf j dan huruf t didalam kata dengan benar baik pada posisi awal
kata, tengah kata, atau diakhir kata.
Metode eksperimen SSR (Single-Subject-Research) digunakan untuk
penelitian ini, mempertimbang subjek penelitian satu orang siswa dari
pengamatan 14 orang siswa yang hadir pada jadwal pembelajaran luring,
menggunakan desain reversal A-B-A. Pada baseline (A1) dilakukan tiga kali
pertemuan dengan persentase kata benar yaitu 20%, 20%, 20%. Kemudian kondisi
intervensi (B) selama delapan kali pertemuan, hasilnya 50%, 83,3%, 63,3%,
86,6%, 93,3%, 100%, 100%, 100%. Untuk persentase kata benar pada kondisi
baseline (A2) yang dilakukan tiga kali pertemuan, yaitu 100%, 100%, 100%. Data
dianalisis dengan metode analisis visual-grafik. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa intervensi menggunakan media video pembelajaran
memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan kemampuan siswa
disleksia dibidang kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:00
Last Modified: 10 Jun 2025 05:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13435

Actions (login required)

View Item
View Item