Anggraeni, Meisy (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MEISY_ANGGRAENI_17029105_3126_2022.pdf [thumbnail of B1_01_MEISY_ANGGRAENI_17029105_3126_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MEISY_ANGGRAENI_17029105_3126_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Anggapan matematika sebagai suatu mata pelajaran yang sukar dipahami dan
dimengerti kerap kali muncul pada peserta didik dari berbagai tingkat pendidikan
yang ditandai dengan rendahnya pencapaian prestasi belajar. Hal ini
mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan-kesulitan yang dialami
peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam
menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip (2)
faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas VII SMP
Pembangunan Laboratorium UNP dalam mempelajari aljabar.
Dalam penelitian ini sebanyak 51 peserta didik mengikuti tes. Dari hasil tes
aljabar, tidak ada satupun nilai peserta didik yang memenuhi KBM (Kriteria Belajar
Minimal). Data dikumpulkan dengan tes aljabar, angket dan wawancara. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan–kesulitan yang dialami
peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam
menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip adalah
(a) di dalam penguasaan konsep, peserta didik masih banyak mengalami kesulitan
pada semua indikator terutama dalam mengingat satu kondisi atau lebih yang
diperlukan bagi dua atau lebih suku untuk dinyatakan sebagai suku sejenis,
dimana kesulitan tersebut berada dikategori sangat tinggi yaitu 100%; (b) di dalam
penguasaan prinsip, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam
menggunakan aturan operasi aljabar, menentukan model dan metode yang
digunakan, serta menerapkan prinsip yang ada, yang berada pada indikator sangat
tinggi yaitu 98,04%; (2) faktor–faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta
didik SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam mempelajari aljabar berasal
dari faktor internal, yaitu aspek bakat dan intelegensi serta faktor eksternal, yaitu
penggunaan alat peraga oleh pendidik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 05:00 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 05:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13432 |