Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesa Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang

Sari, Meisi Dwi Rahma (2022) Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesa Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MEISI_DWI _RAHMA_SARI_18016076_4515_2022.pdf] Text
B1_01_MEISI_DWI _RAHMA_SARI_18016076_4515_2022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama,
bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang.
Kedua, bagaimana relevansi antar komponen dalam penyusunan RPP Bahasa
Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Data kualitatif akan diperoleh dari hasil teknik observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Data kualitatif ini nantinya berupa kata-kata yang dikumpulkan dari
penjabaran RPP yaitu melalui pendeskripsian rumusan indikator, tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar
2013 serta relevansi antar komponen tersebut dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Data dianalisis dengan melakukan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi kurikulum
2013 terhadap komponen RPP dalam penelitian ini menunjukkan keoperasionalan
indikator, kesesuaian tujuan pembelajaran, dan kegiatan pembelajarannya secara
keseluruhan sudah memenuhi Kompetensi Dasar dan indikator, berdasarkan
materi pelajaran dan penilaian hasil belajarnya sudah cukup baik namun masih
terdapat beberapa kekurangan seperti pada materi pelajaran teks prosedur masih
belum mencukupi dan kurang sesuai, Kedua, relevansi antar komponen dalam
penyusunan RPP secara keseluruhan sudah sangat relevan dan sesuai dengan
kompetensi dasar yang diinginkan. RPP 3.1 dan 4.1 memperlihatkan komponen
RPP sudah relevan dan sudah memenuhi kompetensi yang diinginkan dengan
perolehan skor 68,75%. RPP 3.2 dan 4.2 memperlihatkan komponen RPP sudah
relevan dan sudah memenuhi kompetensi yang di inginkan dengan perolehan skor
75%. RPP 3.3 dan 4.3 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan
sudah nemenuhi kompetensi yang diinginkan dengan skor 81,25 %. RPP 3.4 dan
4.4 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah memenuhi
kompetensi yang diinginkan dengan jumlah skor 87,5%. RPP 3.5 dan 4.5
memperlihatkan komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi
kompetensi yang di inginkan dengan skor 100%. RPP 3.6 dan 4.6 memperlihatkan
komponen RPP sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di
inginkan dengan skor 100%. RPP 3.7 dan 4.7 memperlihatkan komponen RPP
sudah sangat relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan
skor 97,75 %. RPP 3.8 dan 4.8 memperlihatkan komponen RPP sudah sangat
relevan dan sudah nemenuhi kompetensi yang di inginkan dengan skor 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:59
Last Modified: 10 Jun 2025 04:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13430

Actions (login required)

View Item
View Item