Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan Bahan Ajar Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang

Rhozi, Fakhrur (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan Bahan Ajar Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_FAKHRUR_RHOZI_1205643_1511_2016.pdf] Text
B1_05_FAKHRUR_RHOZI_1205643_1511_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran fisika siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi fisika masih kurang, pembelajaran yang masih terfokus kepada guru (teacher center), dan kedisiplinan siswa masih kurang. Disamping itu model pembelajaran yang
digunakan masih belum bervariasi dan bahan ajar belum sepenuhnya memuat nilai-nilai karakter. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan bahan ajar bermuatan
karakter yang dibatasi pada materi Usaha dan Energi, dan Getaran Harmonik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan bahan ajar bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN
12 Padang.Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental Designs dengan One-Group Pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 12 Padang
yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang, dengan pengambilan sampel melalui teknik Cluster Sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis pre-test dan post-test untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap serta rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data
pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier dan korelasi product-moment pada taraf nyata 0,05. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada kompetensi sikap didapatkan nilai , dan nilai dengan kategori sedang. Pada kompetensi pengetahuan didapatkan nilai, dan nilai
dengan kategori sangat kuat. Pada kompetensi keterampilan didapatkan nilai, dan nilai dengan kategori sangat kuat. Hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan bahan ajar bermuatan karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 12
Padang” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian,penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS)berbantuan bahan ajar bermuatan karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada kompetensi Sikap dengan nilai, kompetensi pengetahuan
dengan nilai , dan kompetensi keterampilan dengan nilai
.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:12
Last Modified: 10 Jun 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item
View Item