Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Sebelum Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP 9 Sijunjung

Julita, Mira Anika (2012) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Sebelum Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP 9 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MIRA_ANIKA_JULITA_84016_2012.pdf] Text
B1_4_MIRA_ANIKA_JULITA_84016_2012.pdf

Download (737kB)

Abstract

Kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran biologi, serta kurangnya antusias siswa ketika pembelajaran berlangsung, dan respon umpan balik siswa terhadap pertanyaan yang diajukan guru sangat rendah mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagai pemegang kendali proses pembelajaran guru dituntut untuk lebih dapat memilih pendekatan, metode, model atau media pembelajaran yang sesuai, salah satunya yaitu pemberian tugas rumah sebelum model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah sebelum model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Sijunjung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Sijunjung. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis terhadap hasil tes akhir, hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen 81,11 sedangkan kelas kontrol 76,32. Setelah data dianalisis didapatkan thitung = 2,15 dan ttabel = 1,70. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu pemberian tugas rumah sebelum model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh positif berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:12
Last Modified: 10 Jun 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item
View Item