Gambaran Kinerja Guru SMA Muhammadiyah Padang Panjang ( Kasus Guru Sejarah ).

Anggraini, Annisa (2013) Gambaran Kinerja Guru SMA Muhammadiyah Padang Panjang ( Kasus Guru Sejarah ). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANNISA_ANGGRAINI_05530_5970_2013.pdf] Text
B1_2_ANNISA_ANGGRAINI_05530_5970_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari SMA Muhammadiyah yang terdaftar
sebagai sekolah yang terakreditasi A di Padang Panjang, dimana sekolah ini
merupakan sekolah swasta, SMA Muhammadiyah ini mampu menyaingi
sekolah – sekolah unggul lainnya yang ada di Padang Panjang. Dalam
mendapatkan peringkat akreditasi, sekolah harus lulus dalam komponen –
komponen penilaian akreditasi sekolah. Salah satu komponen yang di nilai
dalam akreditasi adalah tenaga pendidikan atau guru. dalam penelitian ini
dilihat bagaimana kinerja guru di SMA Muhammadiyah Padang Panjang, yang
dilihat kinerja guru berdasarkan ciri – ciri kinerja guru yaitu dari semangat,
disiplin, dan tanggung jawab guru dalam pekerjaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya hubungan kinerja
guru pada SMA Muhammadiyah Padang Panjang dan melihat kinerja guru di SMA
Muhammadiyah Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan melalui studi observasi, dokumen dan
wawancara langsung kepada guru sejarah terhadap kinerja guru tersebut dalam
semangat, disiplin, dan tanggung jawab guru di sekolah.
Hasil yang di dapat dalam penelitian menunjukan bahwa kinerja guru sejarah
belum sepenuhnya baik, karena masih terdapat beberapa kelemahan terutama dalam
menggunakan metode dalam pembelajaran. Dimana guru hanya menggunakan
metode ceramah dan diskusi kelompok dalam pembelajaran, selain itu guru sejarah
juga tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Begitu juga tanggung jawab
guru sejarah dalam menjaga keyamanan sekolah, keamanan sekolah dan ketertiban
sekolah, guru sejarah tidak terlalu berpartisipasi dalam menjaga kenyamanan,
keamanan dan ketertiban di sekolah. Guru sejarah hanya terfokus pada tugas dan
tanggung jawabnya sebagai guru dan kepala TU.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru
sejarah di SMA Muhammadiyah Padang Panjang dalam semangat, disiplin
dan tanggung jawab dalam bekerja bisa dikatakan baik, hanya saja dalam
tanggung jawab, guru sejarah masih belum baik karena hanya menggunakan
metode ceramah dan diskusi kelompok dalam belajar serta tidak menggunakan
media dalam pembelajaran. selain itu guru sejarah kurang bertanggung jawab
dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAMBARAN KINERJA GURU
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:17
Last Modified: 10 Jun 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item
View Item