Putri, Ayu Melisa (2013) Pengaruh LKS Bertampilan Komik terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika dalam Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) pada Materi Gelombang Bunyi dan Optika di Kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AYU_MELISA_PUTRI_96902_6698_2013.pdf [thumbnail of B1_5_AYU_MELISA_PUTRI_96902_6698_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AYU_MELISA_PUTRI_96902_6698_2013.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswamasih rendah. Penyebabnya adalah rendahnya minat baca siswa terhadap bahanajar atau buku pelajaran. Siswa juga kurang terampil dalam memecahkan masalahfisika dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya pembelajaran menjadi tidakmaksimal dan hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa. Hal inimemerlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan siswadalam memecahkan masalah serta dapat meningkatkan minat baca siswa. Salahsatu solusi dari permasalahan tersebut adalah menerapkan LKS bertampilankomik dalam pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di kelas VIII SMPN3 Bukittinggi.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimenalresearch), dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group OnlyDesign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampeldilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian iniadalah hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.Untuk menguji hipotesis digunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t padataraf nyata 0,05.Hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen dankelas kontrol. Hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah 79, 80 pada ranahafektif adalah 82,32, dan pada ranah psikomotor adalah 83,29. Sedangkan ratarata hasil belajar siswa di kelas kontrol pada ranah kognitif adalah 73,45, padaranah afektif adalah 77,90, dan panah ranah psikomotor adalah 77,16. Setelahdilakukan uji hipotesis didapatkan thitung pada aspek kognitif adalah 2,67, thitungpada ranah afektif adalah 2,84, dan pada ranah psikomotor adalah 2,74. ttabeldengan dk=60 adalah 2,00 dan diperoleh thitung > ttabel. Oleh karena itu hipotesisyang menyatakan terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKS bertampilankomik terhadap hasil belajar fisika siswa dalam model pembelajaran ProblemBased Instruction(PBI) pada materi gelombang bunyi dan optika di kelas VIIISMPN 3 Bukittinggi dapat diterima pada taraf nyata 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMIK, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN FISIKA, GELOMBANG BUNYI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13399 |