Wilda, Ayu Gusni (2013) Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa: Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa BK FIP UNP 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AYU_GUSNI_WILDA_04242_3654_2013.pdf [thumbnail of B1_5_AYU_GUSNI_WILDA_04242_3654_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AYU_GUSNI_WILDA_04242_3654_2013.pdf
Download (174kB)
Abstract
Belajar di perguruan tinggi merupakan proses yang cukup panjang untuk mengembangkan diridalam memperoleh kehidupan yang berkualitas. Untuk mencapai hasil yang optimal, mahasiswadiharapkan memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang baik namun pada kenyataannya mahasiswamemiliki sikap dan kebiasaan yang kurang baik seperti belum mempersiapkan diri secara baik dalammengikuti perkuliahan, tidak ada catatan perkuliahan sebelumnya dan belum mempelajari bahan kuliahyang akan dibahas. Selain itu, mahasiswa senang menunda pengerjaan tugas, pada saat tugas tersebutakan dikumpulkan barulah mereka sibuk untuk mencari tugas bahkan ada yang ada yang membuat tugasdidalam kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap dan kebiasaan belajar mahasiswa BK FIPUNP 2011. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 211 orang dan sampel ditentukan denganrandom sampling yaitu sebesar 25% dari 211 orang mahasiswa, maka diperoleh sampel dalam penelitianini sebanyak 53 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisa datayang digunakan adalah dengan teknik persentase.Hasil penelitian dari keseluruhan sampel menggambarkan bahwa sikap belajar pada aspekkognitif terdiri dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi berada pada ratarata persentase 57.4% dengan kategori cukup, sikap belajar dalam aspek afektif terdiri dari penerimaan,menanggapi, berkeyakinan, penerapan karya, ketekunan dan ketelitian berada pada persentase 69.2%dengan kategori baik, sedangkan sikap belajar pada aspek psikomotor terdiri dari keterampilan bergerakdan bertindak, kecakapan ekspresi verbal dan non-verbal berada pada persentase 57.5% dengan kategoricukup. Dari secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sikap belajar mahasiswa BK FIP UNP 2011berada pada kategori baik dengan persentase 61.4%. Kebiasaan belajar dalam aspek menghindaripenundaan waktu menyelesaikan tugas-tugas akademik terdiri dari ketepatan waktu menyelesaikantugas-tugas akademik, menghilangkan rangsangan yang akan menggaggu konsentrasi dalam belajarberada pada persentase 67% dengan kategori baik, sedangkan kebiasaan belajar dalam aspek metodekerja terdiri dari cara belajar yang efektif dalam mengerjakan tugas-tugas akademik, cara belajar yangefisien dalam mengerjakan tugas-tugas akademik berada pada rata-rata 67% berada pada kategori baik,maka dari kebiasaan belajar ini dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar mahasiswa BK FIP UNP2011 dengan persentase 67% berada pada kategori baik.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan masih belum optimalnya sikap dan kebiasaan belajarmahasiswa BK FIP UNP 2011, disarankan kepada mahasiswa terus berusaha meningkatkan sikap belajaryang baik dalam proses belajar-mengajar, berupaya menerapkan kebiasaan belajar serta menerapkanmetode belajar yang menyenangkan, menarik sehingga selalu mendorong diri sendiri untuk giat belajar.Kepada dosen diharapkan untuk memberikan informasi pentingnya sikap dan kebiasaan belajar yangbaik bagi mahasiswa dan hubungannya dengan pencapaian hasil belajar dan meningkatkan pelayanankonseling untuk menumbuhkan kesadaran akan kebiasaan belajar yang baik bagi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIKAP, KEBIASAAN BELAJAR, MAHASISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13390 |