Rahayu, Indri Sri (2012) Penerapan Model Pembelajaran Siklus dalam Bidang Studi Matematika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INDRI_SRI_RAHAYU_83918_426_2012.pdf [thumbnail of B1_2_INDRI_SRI_RAHAYU_83918_426_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_INDRI_SRI_RAHAYU_83918_426_2012.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang
belum berkembang dengan optimal dan hasil belajar yang mereka peroleh masih
banyak yang belum mencapai KKM. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang
dilibatkan secara aktif dalam menemukan konsep matematika. Salah satu cara
yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran siklus. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa
selama diterapkan model pembelajaran siklus dan untuk mengetahui apakah hasil
belajar matematika menggunakan model pembelajaran siklus lebih baik daripada
hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah gabungan eksperimen dan deskriptif. Penelitian
deskriptif digunakan untuk melihat perkembangan kemampuan berpikir kritis
siswa selama diterapkan model pembelajaran siklus dan penelitian esperimen
berguna untu melihat hasil belajar siswa. Rancangan penelitian eksperimen yang
digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang tahun pelajaran
2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.
Setelah dilakukan pengambilan sampel terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas
eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes
hasil belajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Data tes dianalisis menggunakan
uji-t, sedangkan LKS dianalisis menggunakan rubrik penskoran.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan
berpikir kritis siswa selama diterapkan model pembelajaran siklus cenderung
meningkat pada setiap pertemuan dan hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model siklus lebih baik daripada hasil belajar
matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:10 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13376 |