Aldiyah, Maiza Putri (2021) Nilai-nilai Multikultural dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel pada Kelas XII di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MAIZA_PUTRI_ALDIYAH_17016027_357_2021.pdf [thumbnail of B1_01_MAIZA_PUTRI_ALDIYAH_17016027_357_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MAIZA_PUTRI_ALDIYAH_17016027_357_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripiskan nilai-nilai
multikutural dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kedua,
mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran teks novel kelas XII di
SMA.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian
content analysis.Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu membaca dan
memahami novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata secara keseluruhan,
kemudian mencatat data yang berhubungan dengan nilai-nilai multikulturalisme
berupa satuan peristiwa dan perilaku tokoh. Teknik penganalisian data penelitian
ini, yaitu mendeskripsikan tentang nilai-nilai multikulturalisme pada novel Laskar
Pelangi karya Andrea Hirata yang terlihat dalam satuan peristiwa tokoh,
mengklasifikasikan, menganalisis data, menginterpretasikan, dan menyusun
laporan.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam novel Laskar
Pelangi karya Andrea Hirata terdapat nilai-nilai multikultural, yaitu pertama,
rasa kebersamaan dalam suatu kelompok dan kesetiakawanan untuk mencapai
suatu tujuan yang sama. Kedua, rasa kekeluargaan dan saling berbagi baik di
dalam lingkungan keluarga maupun di dalam dunia pendidikan. Ketiga, rasa
saling menghargai dan menghormati sebuah perbedaan (ras, suku, agama, dan
budaya).Keempat, adanya sikap terbuka bagi nagara lain dalam melakukan
hubungan perekonomian dan politik. Kelima, adanya kesederajatan antara kaum
wanita dan laki-laki.Keenam,adanya sikap untuk selalu bersyukur dengan apa
yang telah dimiliki. Ketujuh, adanya keadilan yang diterima oleh setiap individu
yang diberikan oleh penguasa yang memegang sebuah kekuasaan. Kemudian,
hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan
pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:09 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13375 |