Syafitri, Indria (2016) Penerapan Strategi Kooperatif Learning untuk Meningkatkan Partisipasi dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Tunagrahita Ringan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas DVI SLB N Ganting Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INDRIA_SYAFITRI_1100253_3030_2016.pdf [thumbnail of B1_2_INDRIA_SYAFITRI_1100253_3030_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_INDRIA_SYAFITRI_1100253_3030_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan siswa Tunagrahita ringan
kelas D VI C yang kurang partisipasi dalam pembelajaran. Selama ini usaha guru
kepada anak yaitu memberikan motivasi kepada anak dengan memberikan pujian
ketika anak menyelesaikan tugas-tugas, dan dalam belajar guru menggunakan
metode tanya jawab, demonstrasi, penugasan dan latihan.Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan partisipasi siswa melalui strategi kooperatif learning dalam
kegiatan pembelajaran IPA di kelas D VI/C SLB N Ganting Bukittinggi.
Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan berkolaborasi dengan guru kelas. Tindakan ini
dilakukan padaanak Tunagrahita ringan kelas D VI/C SLB N Manggis Ganting
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak
enam kali pertemuan proses pembelajaran dimulai dari peneliti meminta siswa
duduk secara berkelompok lalu peneliti menjelaskan materi pelajaran. Setelah itu
peneliti memberikan latihan dan mengerjakannya secara bersama-sama. Sebelum
dilaksanakan penelitian F yang awalnya tidak mampu berpartisipasi dalam
kegiatan pembelajaran seperti menjawab pertanyaan, mengerjakan latihan,
menuliskan jawaban ke depan kelas. Setelah diberi tindakan pada siklus I
mendapat nilai 61,5% mampu dengan bantuan peneliti dari kemampuan
berpartisipasi, danmendapatnilai 96% dari kemampuan berpartisipasi saat
diberikan tindakan pada siklus II. Dengan ini disimpulkan bahwa pelaksanaan
strategi kooperatif learning terlihat kemampuan berpartisipasi dalam pembelajaran
IPA pada anak telah meningkat. Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti
selanjutnya untuk dapat menggunakan strategi kooperatif learning dalam
meningkatkan kemampuan berpartisipasi pada sisiwa agar terciptanya kegiatan
pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13374 |