\Inra, Inra (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Edu-Games Bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research Kelas I di SDLB Negeri 20 Pondok Duo Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INRA_01163_4327_2012.pdf [thumbnail of B1_2_INRA_01163_4327_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_INRA_01163_4327_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang nampak di
lapangan, yakni anak tunagrahita ringan X kelas I di SDLB Negeri 20 Pondok
Duo Pariaman yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan 1-10.
Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak dalam menyebutkan lambang bilangan
anak mengalami kesulitan pada tes yang peneliti diberikan. anak belum dapat
menjawab semua tes dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita
ringan dalam mengenal lambang bilangan melalui Edu-Games. Edu-Games
merupakan sebuah software komputer yang berisikan games untuk anak-anak dan
sarat akan unsur pendidikan. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah
penelitian single subject research dengan menggunakan desain A-B. Yaitu desain
penelitian yang membandingkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10
pada anak tunagrahita ringan X antara kondisi baseline dan kondisi intervensi.
Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk
Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah
pengamatan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pertemuan dan kondisi
intervensi sebanyak sepuluh kali.
Hasil penelitian ini dapat dilihat pada analisis data dalam kondisi dan
analisis data antar kondisi yang menunjukkan adanya perubahan kemampuan
mengenal lambang bilangan pada anak X kearah yang lebih baik melalui media
Edu-Games. Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Artinya media Edu-Games dapat
digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10
bagi anak tunagrahita ringan kelas I di SDLB Negeri 20 Pondok Duo Pariaman.
Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Matematika agar dapat
menggunakan media Edu-Games bagi anak tunagrahita ringan dalam mengajarkan
mengenal lambang bilangan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13370 |