Octaviani, Tia Putri (2018) Pengembangan Bahan Ajar Booklet Sejarah Indonesia pada Materi Indonesia Zaman Pra-aksara di SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_02_TIA_PUTRI_OCTAVIANI_1302064_2189_2018.pdf [thumbnail of B1_4_02_TIA_PUTRI_OCTAVIANI_1302064_2189_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_02_TIA_PUTRI_OCTAVIANI_1302064_2189_2018.pdf
Download (556kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa tidak memanfaatkan buku teks sejarah dengan baik. Hal ini disebabkan oleh tidak semua materi pokok tersedia dalam buku teks dan ketebalan buku teks membuat siswa malas menggunakannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan sebuah pengembangan Bahan ajar dalam bentuk booklet sejarah Indonesia yang dapat digunakan siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan bahan ajar booklet sejarah Indonesia pada materi Indoesia zaman pra-aksara. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari siswa SMA Negeri 4 Padang kelas X IIS 1 yang berjumlah 30 orang. Pada penelitian ini dilakukan uji validasi dari 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media untuk melihat validitas isi bahan ajar yang dikembangkan. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas oleh 2 orang guru sejarah untuk melihat tingkat kepraktisan suatu bahan ajar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari bahan ajar berbentuk booklet dan lembar angket dalam bentuk skala likert. Skala ini disusun dengan menggunakan kategori positif dengan nilai tertinggi 5 untuk sangat baik dan 1 kategori sangat tidak baik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar booklet sejarah Indonesia berdasarkan penilaian ahli materi dari segi materi diperoleh nilai sebanyak 4.6 berada pada kategoti “sangat layak”, sedangkan penilaian ahli media berdasarkan kaidah penyajian, penulisan, serta bentuk bahan ajar diperoleh nilai sebanyak 4.2 yang diinterpretasikan menjadi “sangat layak”, (2) berdasarkan tanggapan guru diketahui bahwa bahan ajar booklet sangat praktis dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran sejarah. (3) respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan bahan ajar booklet sejarah Indonesia pada materi Indonesia zaman pra-aksara sangat praktis. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar booklet yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran terutama pada pokok bahasan Indonesia zaman pra-aksara.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR, BOOKLET, SEJARAH INDONESIA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:05 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13364 |