Persepsi Siswa terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha di SMKN 3 Padang

Leona, Maidella Sanchia (2021) Persepsi Siswa terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha di SMKN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MAIDELLA_ SANCHIA_LEONA_5090_17002091_2021.pdf] Text
B1_01_MAIDELLA_ SANCHIA_LEONA_5090_17002091_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan selama praktek
lapangan kependidikan penulis di SMKN 3 Padang yang menunjukkan persepsi
peserta didik dalam pelayanan pegawai tata usaha belum sebagaimana yang
diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi
mengenai Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha Di SMKN 3
Padang dalam hal (1) keramahan pelayanan, (2) kesopanan pelayanan, (3)
komunikatif pelayanan, (4) ketepatan pelayanan, (5) kecepatan pelayanan.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi pada penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas XI dan XII di SMKN 3 Padang yang
berjumlah 745 dan sampel sebanyak 94 orang. Penarikan sampel ditentukan dengan
menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik Stratified
Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
angket model skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban yaitu Selalu (SL),
Sering (SR), Kadang-Kadang (KD), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP). Sebelum
angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui
validitas dan reliabilitasnya. Data dikumpulkan secara online yaitu menggunakan
google form, data yang telah terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pelayanan
pegawai tata usaha di SMKN 3 Padang dilihat dari aspek; (1) keramahan berada
pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,03 (2) kesopanan berada pada kategori
baik dengan skor rata-rata 4,14, (3) komunikatif berada pada kategori baik dengan
skor rata-rata 4,13, (4) ketepatan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata
4,08, (5) kecepatan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,11. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi siswa terhadap pelayanan
pegawai tata usaha di SMKN 3 Padang sudah baik dengan skor rata-rata 4,10.
Berdasarkan hasil tersebut maka pelayanan pegawai tata usaha di SMKN 3 Padang
perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2025 09:42
Last Modified: 05 Jun 2025 09:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item
View Item