Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota

Fetrianis, Fetrianis (2013) Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FETRIANIS_11536_5167_2014.pdf] Text
B1_01_FETRIANIS_11536_5167_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terlihat di lapangan yang
menunjukkan kurang efektifnya pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan
kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban
Kabupaten Lima Puluh Kota. Sehubungan dengan itu tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh
kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban.
Pertanyaan penelitian adalah (1) bagaimanakah persepsi guru tentang tujuan supervisi
pembelajaran oleh kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago
Halaban (2) bagaimanakah persepsi guru tentang prinsip supervisi pembelajaran oleh
kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban (3)
bagaimanakah persepsi guru tentang proses pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh
kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban, (4)
bagaimanakah persepsi guru tentang teknik supervisi pembelajaran oleh kepala
Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban, (5)
bagaimanakah persepsi guru tentang evaluasi supervisi pembelajaran oleh kepala
Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru SMP Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban yang berjumlah 106 orang.
Sampel yang diambil adalah 46 orang yang merupakan 43% dari jumlah populasi.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket Model Skala Likert dengan
lima alternatif jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik
pengolahan datanya adalah dengan cara mencari rata-rata (mean).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Persepsi guru tentang tujuan supervisi
pembelajaran oleh kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago
Halaban berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 2,9 (2) Persepsi guru
tentang prinsip supervisi pembelajaran oleh kepala Sekolah Menengah Pertama
Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban berada dalam kategori baik dengan skor ratarata
4,4 (3) Persepsi guru tentang proses supervisi pembelajaran oleh kepala Sekolah
Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban berada dalam kategori
baik dengan skor rata-rata 3,7, (4) Persepsi guru tentang teknik supervisi
pembelajaran oleh kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago
Halaban berada dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,0, (5) Persepsi
guru tentang evaluasi supervisi pembelajaran oleh kepala Sekolah Menengah Pertama
Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban berada dalam kategori cukup baik dengan
skor rata-rata 3,3. Dengan demikian, kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri
Kecamatan Lareh Sago Halaban telah melaksanakan supervisi pembelajaran dengan
cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:54
Last Modified: 11 Feb 2025 04:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item
View Item