Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inside Outside Circle Pada Mata Diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Sungai Rumbai

Andriadi, Faizil (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Inside Outside Circle Pada Mata Diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Sungai Rumbai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_FAIZIL_ANDRIADI_06100_5203_2013.pdf] Text
B1_05_FAIZIL_ANDRIADI_06100_5203_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Terlihat pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang berjumlah 24 orang yang tuntas hanya 54,16% dan tidak tuntas 45,84%. Faktor
yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya adalah metode pembelajaran. Untuk melihat peningkatan hasil belajar menggunakan metode
pembelajaran tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC). Metode Pembelajaran
Inside Outside Circle (IOC) merupakan model pembelajaran dimana siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda
secara singkat dan teratur. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Inside Outside Circle pada mata diklat
Memahami Dasar-Dasar Elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMKN 1 Sungai
Rumbai yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 24 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar
(postest) berupa soal objektif sebanyak 20 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan metode IOC sebesar 56 dan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan metode IOC adalah 73. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori rata-rata sedang. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMKN 1 Sungai
Rumbai pada mata diklat Memahami Dasar-Dasar Elektronika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:28
Last Modified: 05 Jun 2025 02:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item
View Item