Putra M., Atri (2015) Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ATRI_PUTRA_M_54168_2958_2015.pdf [thumbnail of B1_5_ATRI_PUTRA_M_54168_2958_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ATRI_PUTRA_M_54168_2958_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa idealnya interaksi sosial yangterjadi dengan teman sebaya dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik.Namun pada kenyataannya masih ada siswa yang memperolok teman, kurangberani bertanya dan mengemukakan pendapat dalam diskusi dan belajar sehinggabisa mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa di sekolah. Interaksi sosialdengan teman sebaya memiliki peran penting bagi siswa, sebab dari interaksisosial ini siswa memperoleh status, persahabatan, dan rasa saling memiliki yangpenting di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran interaksisosial teman sebaya, hasil belajar siswa dan menguji hubungan interaksi sosialteman sebaya dengan hasil belajar siswa di sekolah.Jenis penelitian berbentuk deskriptif kuantitatif korelasional. Populasipenelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 26 Padang yang terdaftar pada tahun2014/2015 sebanyak 806 orang siswa. Jumlah sampel yaitu 84 orang siswa yangdiperoleh dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Datadikumpulkan dengan mengadministrasikan angket, dan diolah melalui teknikstatistik dengan menentukan nilai mean, median, modus, standar deviasi, rangedan skor. Untuk melihat hubungan di antara kedua variabel, digunakan teknikPearson Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS forwindows release 20.0.Hasil penelitian mengungkapkan 1) interaksi sosial teman sebayatergolong sedang, 2) hasil belajar siswa tergolong sedang, 3) terdapat hubunganpositif yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan hasil belajarsiswa di sekolah, dengan r 0,419 yang berada pada taraf signifikansi 0,00.Implikasi dari penelitian ini adalah dengan mengembangkan dan meningkatkaninteraksi positif di antara siswa maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa disekolah.Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada guru bimbingandan konseling(BK)/konselor agar dapat menyusun program kegiatan pelayananBK yang dapat mengembangkan dan mengarahkan siswa ke arah yang lebihpositif antar sesama siswa. Sehingga dari keadaan tersebut diharapkan dapatmembantu siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajaryang akan diperoleh siswa nantinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INTERAKSI SOSIAL, TEMAN SEBAYA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 02:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 02:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13321 |