Putri, Andi Gusmaulia Eka (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.
B1_01_ANDI_GUSMAULIA_ EKA_PUTRI_1205541_4504_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar,
yang diharapkan dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika.
Namun, siswa di SMA Negeri 5 Padang masih terkendala dalam pemahaman
konsep matematika. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih tergolong
rendah. Proses pembelajaran matematika di SMA Negeri 5 Padang masih teacher
center dan siswa cenderung pasif menerima pembelajaran. Pemahaman konsep
matematika siswa rendah, sebab siswa masih belum memahami konsep secara
jelas namun hanya menerima pengetahuan dari guru dan cenderung menghapal
materi. Salah satu upaya untuk untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa adalah dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang
dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran sekaligus membuat
seluruh siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Strategi yang bisa digunakan
yaitu strategi pembelajaran aktif tipe The power of two. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan menerapkan strategi
pembelajaran aktif tipe The power of two lebih baik dari pembelajaran
konvensional di kelas X SMA Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group
Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang
Tahun Pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling, kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat
pemahaman konsep matematika siswa.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman
konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The
power of two lebih baik dari pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 5
Padang dengan taraf nyata α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 05:18 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 05:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/133 |