Mardiah, Atija Surti (2015) Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru dan Hubungannya dengan Sikap Siswa terhadap Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ATIJA_SURTI_MARDIAH_1100596_303_2016.pdf [thumbnail of B1_5_ATIJA_SURTI_MARDIAH_1100596_303_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ATIJA_SURTI_MARDIAH_1100596_303_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Sikap terhadap belajar merupakan hal penting karena sikap terhadapbelajar mempengaruhi intensitas belajar seorang siswa. Apabila sikap siswapositif, maka akan mengarah pada minat dan motivasi apalagi guru juga dapatmemahami dan menyeimbangkan perannya sebagai pendidik melalui kompetensikepribadian yang sangat baik. Namun, kenyataan yang ditemukan yaitu masihadanya siswa yang memiliki sikap terhadap belajar dengan kategori negatif.Pemahaman siswa masih rendah tentang pentingnya belajar dan akibat tidakbelajar. Perasaan menyenangi belajar masih rendah ditandai dengan masih adanyasiswa yang terlambat, tidak hadir, dan tidak menujukkan keseriusan belajar, dankeinginan siswa untuk belajar cenderung negatif ditandai dengan banyaknya siswacenderung keluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikanpersepsi siswa tentang kepribadian guru, (2) mendeskripsikan sikap siswaterhadap belajar, (3) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadianguru dengan sikap siswa terhadap belajar.Metode yang digunakan adalah kuantitatif jenis deskriptif korelasional.Populasi penelitian ini siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Lembang Jaya semesterJuli-Desember 2015 sebanyak 112 siswa dan sampel sebanyak 88 siswa yangdiperoleh dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakanadalah kuesioner persepsi siswa tentang guru dan kuesioner sikap siswa terhadapbelajar. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pearsonproduct moment dengan bantuan program SPSS for windows 20.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) persepsi siswa tentangkepribadian guru berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase85,3%. (2) sikap terhadap belajar siswa berada pada kategori cukup baik denganrata-rata persentase 46,6%. (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antarapersepsi siswa tentang kepribadian guru dengan sikap terhadap belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPRIBADIAN GURU, SIKAP BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:55 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13291 |