Pengaruh Penggunaan Model Trading Place terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA N 2 Sijunjung

Sulistiyani, Mery (2012) Pengaruh Penggunaan Model Trading Place terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA N 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MERY_SULISTIYANI_73814_3280_2012.pdf] Text
B1_4_MERY_SULISTIYANI_73814_3280_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas X SMA N 2 Sijunjung cenderung memberikan informasi sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman siswa dalam mengkontruksikan materi yang diberikan oleh guru dalam merubah suatu bentuk representif berupa fakta atau fenomena kedalam bentuk konsep sosiologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model Trading Place yang diciptakan oleh Melvin L. Silberman yang pada dasarnya model ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menginterprestasikan fakta-fakta yang berkaitan dengan materi sosiologi. Untuk itu penulis melakukan eksperimen dengan model Trading Place. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Trading Place terhadap hasil belajar sosiologi siswa SMA N 2 Sijunjung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posstest-control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun 2011-2012 sebanyak lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random dengan teknik Random Kelompok. Dari populasi yang ada diambil dua kelas sampel yaitu X2 sebagai kelas kontrol X4 sebagai kelas eksperimen. Untuk menganalisis temuan, peneliti menggunakan teori konstruktivistik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji hipotesis uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (12,82) lebih tinggi dari kelas kontrol (11,96). Kemudian dari uji hipotesis di peroleh nilai t 1,379 dengan ttabel 0,95. Uji t juga dilakukan untuk skor setiap sub materi nilai dan norma sosial. Pada uji t menginterprestasi fakta tentang pengertian nilai sosial diperoleh thitung = 2 dengan ttabel 0,95, pada fakta tentang ciri-ciri thitung =1,7 dengan ttabel = 0,95, pada fakta tentang fungsi thitung = 2,21 dengan ttabel = 0,95, pada fakta tentang macam thitung = 2,269 dengan ttabel = 0,95, pada fakta tentang pengertian norma sosial thitung = 2,299 dengan ttabel = 0,95, pada fakta tentang fungsi norma sosial thitung = 2 dengan ttabel = 0,95, pada fakta tentang macam norma sosial diperoleh thitung =3,157 dengan ttabel = 0,95. Dari hasil uji t pada setiap sub materi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan model Trading Place terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung diterima. Dengan demikian penggunaan model Trading Place dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X khususnya pada aspek pemahaman fakta

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:55
Last Modified: 04 Jun 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item
View Item