Arbet, Merrysa (2012) An Analysis of Rhetorical Structure of Speech Delivered by Sales Persons of Greenlite Multilevel Marketing in Persuading the Customers. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MERRYSA_ARBET_83673_1898_2012.pdf [thumbnail of B1_4_MERRYSA_ARBET_83673_1898_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MERRYSA_ARBET_83673_1898_2012.pdf
Download (877kB)
Abstract
Dalam dunia pemasaran keahlian menarik serta mempengaruhi pelanggan
sangatlah dibutuhkan. Kemampuan ini sangat diprioritaskan bagi para sales
person Multilevel Marketing untuk dapat memberikan efek positif terhadap
pelanggan serta produk yang dipasarkan. Kecakapan dalam berpidato persuasif
secara struktural yang baik, menjadi nilai tambah bagi para sales person itu
sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana para sales menggunakan struktural persuasif dalam
persentasinya berdasarkan teori Rhetorical Structure yang dikemukakan oleh
Mann dan Thompson (1988) yaitu subject matter relation dan presentational.
Selain itu, untuk mengetahui jenis persuasion appeal yang digunakan para sales
dalam pidato presentasinya, berdasarkan teori persuasion appeals Aristoteles yang
dikemukakan kembali oleh Fletcher (1990).
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan dan menginterpresentasikan tentang
kondisi yang ada. Tahap yang dilakukan adalah menganalisa pidato presentasi dari
para sales person. Kemudian data di analisa berdasarkan teori rhetorical relation.
Sehingga dapat di temukan jenis rhetorical relation yang paling banyak
digunakan serta tipe -tipe apa saja yang ditemukan dalam pidato presentasi para
sales person tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe dari rethorical relation yang
ditemukan dalam pidato presentasi para sales adalah 14 tipe dan tipe yang paling
banyak di gunakan adalah Evidence, denga n jumlah 25.21%, menyusul urutan
kedua Purpose dengan jumlah 21.85% dan tipe yang paling jarang digunakan
adalah Volitional Result, Concession dan Solution hood . Kemudian jenis
persuasion appeal yang ditemukan adalah dua jenis yakni logical appeal dan
emotional appeal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:55 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13289 |