Yolanda, Meriza (2014) Motivasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MERIZA_YOLANDA_05731_4512_2014.pdf [thumbnail of B1_4_MERIZA_YOLANDA_05731_4512_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MERIZA_YOLANDA_05731_4512_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ketertarikan penulis untuk mengkaji motivasi belajar sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan ini penulis melihat motivasi siswa kelas X dalam belajar sosiologi masih rendah, terlihat dari perilaku belajar siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, penulis melihat siswa pada saat guru menyampaikan materi pelajaran di depan kelas, siswa tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pelajaran di depan kelas. Motivasi belajar sosiologi siswa masih tergolong rendah di SMA Negeri Koto XI Tarusan ini siswa tidak menampakan keinginan dalam belajar, seperti perulaku siswa dalam belajar, berbicara dengan teman sebangku, mengganggu teman yang sedang belajar, mengerjakan tugas mata pelajaran lain pada saat jam pelajaran sosiologi, terlihat dari keseriusan belajar siswa dari jumlah siswa 40 orang hanya 17 orang siswa yang benar- benar mengikuti pelajaran sosiologi dengan baik, sementara 23 orang lainnya mereka tidak paham dengan materi yang disampaikan, hal ini terlihat dari perilaku siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar behavioristik yang dicetuskan oleh Gage dan Barlinner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dalam pengalaman pertama, teori behavioristik dengan hubungan stimulus responnya mendudukan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru kepada pembelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pembelajar terhadap stimulus yang diberikan guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan penggunaan analisis kualitatif dengan mengambil 15 orang informan yang terdiri dari 13 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan, dan 2 orang Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu penarikan sampel dengan sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,dari Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi sosiologi siswa kelas X.1, X.3, dan X.4 tergolong rendah, karena terlihat dari metode pembelajaran yang digunakan guru tidak menarik, serta sumber dan fasilitas belajar yang kurang memadai seperti buku penunjang yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, keadaan ruangan belajar dan teman sejawat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:54 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13286 |