Upaya Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Inggraini, Meriza (2015) Upaya Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MERIZA_INGGRAINI_02440_5005_2015.pdf] Text
B1_4_MERIZA_INGGRAINI_02440_5005_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebiasaan guru menggunakan metode ceramah pada setiap kali proses pembelajaran, membuat peserta didik kurang bisa untuk mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Hal ini membuat kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran sosiologi di kelas. Salah satu cara yang dilakukan untuk dapat mengingkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memberikan gambaran bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan partisipasi peserta didik di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan dalam mata pelajaran sosiologi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap kagiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Perencanaan merupakan tindakan awal sebelum dilakukannya pelaksanan tindakan, seperti menyiapkan bahan ajar, menyiapkan media pembelajaran, model pembelajaran yang akan digunakan. Pelaksanaan tindakan merupakan kegiatan inti dalam penelitian ini, dimana semua perencanaan yang telah disiapkan dilaksanakan pada tindakan ini. Selama berlangsungnya pelaksanaan tindakan, juga dilakukan observasi untuk melihat dan mengukur tingkat partisipasi peserta didik. Tahap akhir yang dilakukan yaitu melakukan refleksi untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan yang terdapat pada pelaksanaan tindakan dalam proses pembelajaran. Tahap refleksi ini juga dilakukan untuk membuat perbaikan tindakan pada pertemuan selanjutnya
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum partisipasi peserta didik mengalami peningkatan, yaitu peserta didik dapat menjawab pertanyaan, memberikan respon, memberikan sanggahan, mengikuti pelajaran dengan baik, dan mengerjakan tugas. Peningkatan partisipasi peserta didik dalam bertanya 28,82% pada siklus I, dan 52,97% pada siklus II. Partisipasi peserta didik dalam memberikan respon pada siklus I 27,6% dan 45,85% pada siklus II. Partisipasi peserta didik dalam memberikan sanggahan 32,45% pada siklus I menjadi 48,28% pada siklus II. Partisipasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran dengan baik 66,22% pada siklus I, menjadi 83,15% pada siklus II. Bentuk partisipasi peserta didik dalam mengerjakan tugas siklus I 57,09% menjadi 86,49% pada siklus II. Peningkatan partisipasi peserta didik yang paling besar peningkatannya, yaitu pada partisipasi mengerjakan tugas sebesar 29,4%. Sedangkan partisipasi peserta didik yang terendah pada partisipasi memberikan sanggahan, yaitu sebanyak 15,85%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:54
Last Modified: 04 Jun 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item
View Item