Persepsi Masyarakat terhadap Efektivitas Pelayanan Publik dalam Program E-KTP di Kecamatan Padang Barat Kota Padang

Rinaldi, Feri (2014) Persepsi Masyarakat terhadap Efektivitas Pelayanan Publik dalam Program E-KTP di Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FERI_RINALDI_02071_2529_2014.pdf] Text
B1_5_FERI_RINALDI_02071_2529_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengurusan E-KTP yang dilakukan di Kecamatan Padang Barat Kota Padang yang memiliki beberapa kendala dan kekurangan dalam pelayanannya seperti waktu pengurusannya yang terlalu lama dan tidak adanya pertanggungjawaban aparatur pegawai dalam menangani pengaduan/keluhan masyarakat dalam penyelesaian program E-KTP tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap efektivitas pelayanan publik dalam program E-KTP di Kecamatan Padang Barat Kota Padang dilihat dari sub variabel prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, biaya/tarif pelayanan, waktu pelayanan, mutu pelayanan, dan mekanisme pengaduan/keluhan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat wajib E-KTP di Kecamatan Padang Barat. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pengukuran Skala Likert dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan publik dalam program E-KTP di Kecamatan Padang Barat efektif dengan mean/ skor rata-rata 7,88 sebesar 62,50% telah berjalan efektif dan sebesar 37,50% belum berjalan secara efektif. Namun ada beberapa sub variabel yang perlu diperhatikan yaitu sub variabel waktu pelayanan dengan mean/skor rata-rata 6,62 sebesar 48,72% telah berjalan efektif dan sebesar 51,28% belum berjalan secara efektif dan mekanisme pengaduan/keluhan pelayanan dengan mean/ skor rata-rata 6.42, sebesar 48,72% telah berjalan efektif dan sebesar 51,28% belum berjalan secara efektif sebab pada sub variabel ini berjalan tidak efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, E-KTP
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JK Political institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:53
Last Modified: 04 Jun 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13280

Actions (login required)

View Item
View Item