Implementasi Virtual Experiment pada Mata Pelajaran Fisika dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Lubuk Sikaping

Iskandar, Feri (2013) Implementasi Virtual Experiment pada Mata Pelajaran Fisika dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FERI_ISKANDAR_12717_6677_2013.pdf] Text
B1_5_FERI_ISKANDAR_12717_6677_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya pencapaian hasil belajar Fisika siswa salah satu penyebabnya adalah karena alat praktik IPA yang ada belum memadai dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi yang digunakan harus banyak melibatkan dan mendorong keaktifan belajar siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dipandang efektif adalah pembelajaran dengan virtual experiment. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi virtual experiment pada mata pelajaran fisika dalam pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu “(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design” dengan populasi adalah siswa kelas X SMA N 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan format observasi ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian hasil belajar fisika siswa pada dua ranah. Pertama, pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 80,806 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 70,313. Berdasarkan uji statistik t, didapat t hitung =4,39 dan t tabel = 1,67. Pada ranah afektif, terlihat nilai rata-rata afektif siswa, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 86,56 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 81,82. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara hasil belajar yang menggunakan virtual experiment dengan yang tidak menggunakan virtual experiment pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Virtual Experiment, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:53
Last Modified: 04 Jun 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item
View Item