Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Jais, Ahmad (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AHMAD_JAIS_52994_3786_2015.pdf] Text
B1_5_AHMAD_JAIS_52994_3786_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran langsung yang digunakan di SMK Negeri 2 Payakumbuh sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapkan model pembelajaran Student Facilator And Explaing terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Elektronika semester genap SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah X TEI 2 menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran tipe Student Facilator And Explaing.Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78,52, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,17. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t v hitung > t yaitu (3,02 > 1,677), karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H tabel ) ditolak dan hipotesis alternatif (H 1 0 ) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilator And Explaing terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Student Facilator And Explaing, model pembelajaran langsung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:53
Last Modified: 04 Jun 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item
View Item