Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Ampek Angkek

Handira, Meri (2014) Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MERI_HANDIRA_13382_2642_2014.pdf] Text
B1_4_MERI_HANDIRA_13382_2642_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang peneliti temukan di SMA N 1 Ampek Angkek yaitu masih rendahnya motivasi siswa dalam mata pelajaran sosiologi. Dalam hal ini komunikasi interpersonal guru dan siswa diduga memberikan pengaruh terhadap motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mengkaji hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Ampek Angkek yang terdaftar tahu ajaran 2014/ 2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 25 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Data komunikasi interpersonal guru dan siswa dan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui pengamatan sebanyak lima kali pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung 0,692 > r tabel 0,396 yang berarti secara statistik terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Ampek Angkek dengan kontribusi sebesar 47,88%. Dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar diperoleh bahwa tidak semua indikator komunikasi interpersonal guru dan siswa mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa. Indikator komunikasi interpersonal yang ketiga yaitu sikap mendukung tidak memiliki hubungan dengan motivasi belajar karena memiliki rhitung < rtabel. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar. Dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar menunjukkan bahwa tidak semua indikator komunikasi interpersonal guru dan siswa mempunyai hubungan dengan motivasi belajar.
Berdasarkan kesimpulan, diharapkan kepada siswa agar dapat meningkatkan motivasinya dalam proses pembelajaran. Disamping itu guru juga harus meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonalnya dengan siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:41
Last Modified: 04 Jun 2025 05:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item
View Item