Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di Kelas XI SMAN 2 Koto XI Tarusan

Mellyza, Mellyza (2013) Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di Kelas XI SMAN 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MELLYZA_00462_5532_2013.pdf] Text
B1_4_MELLYZA_00462_5532_2013.pdf

Download (324kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep Sosiologi siswa disebabkan oleh berbagai
faktor, salah satunya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi baik
antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Hal ini terjadi di SMAN 2 tarusan
kelas XI, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga proses
pembelajaran hanya berpusat pada guru bukan kepada siswa.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk-Write
terhadap hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI SMAN 2 Koto XI Tarusan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPS SMAN 2 Koto XI Tarusan. Metode pengambilan sampel dengan memakai
teknik random kelompok, kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS1
sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman konsep Sosiologi
kelas eksperimen adalah 13,08, sedangkan rata-rata pemahaman konsep sosiologi
kelas kontrol adalah 10,13, pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan
uji t. Setelah dianalisis diperoleh t hitung = 7,375 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk
= 24, sedangkan t tabel = 1,7109 karena t tabel < t hitung maka hipotesis nol (H0)
ditolak dan Hi diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
strategi pembelajaran Think-Talk-Write terhadap hasil belajar sosiologi kelas XI
SMAN 2 Koto XI Tarusan. Dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-
Talk-Write dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:17
Last Modified: 04 Jun 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item
View Item