Sari, Lesnida (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LESNIDA_SARI_16029063_1454_2022.pdf [thumbnail of B1_01_LESNIDA_SARI_16029063_1454_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LESNIDA_SARI_16029063_1454_2022.pdf
Download (10MB)
Abstract
Kurikulum yang diterapkan di sekolah saat ini adalah Kurikulum 2013
yang menghendaki penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran.
Peserta didik dituntut berperan aktif dalam menemukan suatu konsep.
Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik matematika di SMPN 2 Bukit
Sundi, pembelajaran dengan pendekatan saintifik masih belum terlaksana dengan
optimal. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang tidak terbiasa untuk belajar
dengan menemukan konsep dan kurangnya bahan ajar yang mendukung
pelaksanaan saintifik. Oleh sebab itu, lembar kerja peserta didik yang
dikembangkan pada penelitian ini adalah LKPD berbasis pendekatan saintifik
guna mendorong peranan aktif peserta didik dalam menemukan konsep serta
mengembangkan kemampuan matematis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp
yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan
assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan,
analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Tahap prototyping
phase dengan merancang LKPD berbasis pendekatan saintifik yang terdiri dari
prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self
evaluation. Pada prototype 2 dilakukan dilakukan expert review untuk menguji
validitas lembar kerja peserta didik. Pada prototype 3 dilakukan one to one
evaluation kepada tiga orang peserta didik untuk melihat respon serta masukan
terhadap lembar kerja peserta didik. Tahap assessment phase dilakukan small
group evaluation kepada enam orang peserta didik untuk menguji praktikalitas
lembar kerja peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan LKPD mempunyai tingkat validitas 84,12%
dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian juga menunjukkan LKPD
mempunyai tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis berdasarkan hasil
analisis angket dan wawancara. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa
LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dihasilkan sudah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13242 |