Penerapan Disiplin oleh Lembaga Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste menurut Warga belajar Kota Padang

Nursrilfa, Mella Sri Rahayu (2013) Penerapan Disiplin oleh Lembaga Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste menurut Warga belajar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MELLA_SRI_RAHAYU_NURSRILFA_04116_2617_2013.pdf] Text
B1_4_MELLA_SRI_RAHAYU_NURSRILFA_04116_2617_2013.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keberhasilan kursus Menjahit Pondok Busana Modiste dalam Penerapan Disiplin warga belajar. Hal ini disebabkan oleh pembinaan yang diberikan oleh lembaga kepada warga belajar yang tergabung dalam penerapan disiplin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Disiplin oleh Lembaga Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste menurut Warga belajar Kota Padang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang : (1) Gambaran penerapan disiplin waktu oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit Pondok Busana Modiste menurut warga belajar Kota Padang (2) Gambaran penerapan disiplin belajar oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit Pondok Busana Modiste menurut warga belajar Kota Padang dan (3) Gambaran penerapan disiplin melalui tata tertib oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit Pondok Busana Modiste menurut warga belajar Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh warga belajar di Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste Kota Padang yang berjumlah 30 orang. Responden diambil 30 orang dari populasi dengan teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Untuk menganalisis data digunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan disiplin waktu warga belajar berada pada kategori baik, (2) penerapan disiplin belajar berada pada kategori baik, sedangkan (3) penerapan tata tertib warga belajar berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara umum penerapan disiplinwarga belajar sudah baik dalam disiplin waktu, disiplin belajar dan tata tertib sudah baik. Sehingga untuk lebih sempurnanya maka perlu adanya peningkatan dalam penerapan disiplin. Saran dalam penelitian ini kepada lembaga dan instruktur kiranya dapat memberikan penerapan disiplin kepada warga belajar yang dibinanya agar dapat berjalan lebih baik ke depannya, dalam hal ini mencakup disiplin waktu, disiplin belajar dan tata tertib.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:13
Last Modified: 04 Jun 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13240

Actions (login required)

View Item
View Item