Ramadhani, Melia (2016) Hubungan Strategi Yang Dikembangkan Guru Dengan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kecamatan Mandiangin Koto Salayan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MELIA_RAMADHANI_08360_2234_2016.pdf [thumbnail of B1_4_MELIA_RAMADHANI_08360_2234_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MELIA_RAMADHANI_08360_2234_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian anak usia dini di TK Kec Mandiangin Koto Salayan Kota Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru, (2) mendeskripsikan kemandirian anak usia dini dan (3) melihat hubungan antara strategi guru dengan kemandirian anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 360 orang dengan sampel sebanyak 36 orang dengan menggunakan teknik area random sampling yaitu penarikan sampel mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi. Teknik pengumpulan data adalah angket dengan alat kuisionar. Teknik analisis data penelitian menggunakan persentase dan product moment.
Hasil penelitian menemukan bahwa: strategi yang dikembangkan guru kurang baik, kemandirian anak juga kurang baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara strategi yang dikembangkan guru dengan kemandirian anak. Disarankan kepada (1) Guru, agar meningkatkan strategi dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini, (2) Pengelola, agar membina guru dalam pengembangan strategi kemandirian anak usia dini, (3) Diharapkan pada penelitian yang lain, agar dapat melihat faktor lain dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:11 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13238 |