Sari, Anggia Violita (2016) Karakteristik Soal Ujian Sejarah Indonesia (Analisis dengan Program ITEMAN). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ANGGIA_VIOLITA_SARI_18564_1387_2016.pdf [thumbnail of B1_2_ANGGIA_VIOLITA_SARI_18564_1387_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ANGGIA_VIOLITA_SARI_18564_1387_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Dalam melakukan penilaian di sekolah guru menggunakan beragam alat penilaian dan dalam ujian semester, guru menggunakan tes tertulis berupa tes pilihan ganda (multiple choice test) untuk semua mata pelajaran. Kegiatan analisis soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI SMA Negeri di Bukittinggi belum dilakukan, sehingga belum diketahui apakah tes tersebut memenuhi standar sebagai alat ukur yang baik atau tidak. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti melihat bahwa analisis hasil ujian diperlukan agar seorang guru dapat mengetahui kualitas soal yang telah dibuat. Maka tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai karakteristik soal ujian semester untuk mengetahui hasil belajar sejarah yang dilihat melalui kualitas tes (validitas, reliabilitas, dan SEM), dan kualitas butir soal dilihat melalui kualitas butir soal (daya beda, tingkat kesukaran).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, data didapatkan dengan cara mengumpulkan lembar soal ujian dan lembaran jawaban peserta ulangan akhir semester genap mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015 yang sudah diperiksa oleh guru dan lembar jawaban yang telah dikoreksi ulang oleh peneliti. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis) yang merupakan analisis butir empirik model klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas isi dari tes tidak valid. Reliabilitas tes yang dihasilkan sebesar 0.805, termasuk kategori sangat tinggi. Kesalahan pengukuran (standard error measurement) tes yang didapatkan adalah 2.599. Daya beda butir soal dari 50 butir soal 40 butir soal dapat digunakan dan 10 butir soal tidak dapat digunakan dan sebaiknya diperbaiki. Tingkat kesukaran soal yang dapat digunakan yaitu sebanyak 16 butir, 34 butir soal sebaiknya diperbaiki. Dapat disimpulkan bahwa Ulangan Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Sejarah Indoesia Kelas XI SMA Negeri di Bukittinggi Tahun Ajaran 2014/2015 terdapat beberapa butir soal yang tidak berfungsi secara efektif dan perlu diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROGRAM ITEMAN |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:07 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13224 |