Sari, Anggia (2012) Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial melalui Metode Stimulasi Visual Auditoris Bagi Anak Tunarungu di SLB Wacana Asih Padang (Single Subject Research Kelas D.V/B). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ANGGIA_SARI_87872_429_2012.pdf [thumbnail of B1_2_ANGGIA_SARI_87872_429_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ANGGIA_SARI_87872_429_2012.pdf
Download (615kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi
oleh anak tunarungu dalam pengucapan konsonan bilabila [b]. Kesalahan
tersebut antara lain terdapat penggantian konsonan [b] pada huruf awal kata
yaitu pada kata [bola], [baju], [buku], [batu], [besi], [boneka], [bantal],
[bambu], [ban] dan [bunga].
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan
metode SSR (Single Subject Research) desain A-B. Subjek penelitian ini
adalah anak tunarungu kelas DV/B. Target behaviornya adalah menghitung
banyaknya persentase jawaban anak dalam pengucapan konsonan bilabial [b]
diawal kata dengan benar. Dimana kondisi Baseline (A) sebanyak tujuh kali
pengamatan, dan dilanjutkan dengan intervensi (B) menggunakan metode
stimulasi visual auditoris sebanyak sepuluh kali pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak dalam
pengucapan konsonan bilabial [b] diawal kata meningkat. Pada kondisi
baseline (A) dari tujuh kali pengamatan anak bisa mengucapkan konsonan
bilabial [b] diawal kata dengan benar. Arah kecenderungannya menjadi
meningkat (+), sedangkan pada kondisi intervensi (B) selama sepuluh kali
pengamatan anak bisa mengucapakan sepuluh konsonan bilabial [b] diawal
kata. Arah kecenderungan datanya semakin meningkat (+). Berdasarkan
analisis dapat dipersentase overlap semakin kecil persentase overlap, maka
semakin baik pengaruh intervensi terhadap target behavior. Dengan demikian
hipotesis diterima, artinya metode stimulasi visual auditoris dapat
meningkatkan keamampuan pengucapan konsonan bilabial [b] diawal kata.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada sekolah agar
dapat menerapkan metode stimulasi visual auditoris dalam pembelajaran
pengucapan konsonan bilabial.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN PENGUCAPAN KONSONAN BILABIAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:07 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13223 |